foto

foto
jpg

Minggu, 17 April 2011

Tanda-Tanda Akhir Zaman

Alkitab banyak berbicara tentang akhir zaman. Hampir setiap kitab dalam alkitab mengandung nubuat tentang akhir zaman. Berusaha untuk mengarti apa itu akhir zaman tidaklah mudah. Dan setiap orang pasti ingin tahu apa itu akhir zaman. Dan bagaimana tanda-tandanya.
Tanda-tandanya yakni :

1. Peperangan Dan Usaha Damai
Yesus berkata:"Kamu akan mendengar perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah,janganlah kamu gelisah,sebab semuanya itu harus terjadi,tetapi itu belum kesudahannya. Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa,dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat"(Matius 24:6-7)
Peperangan itu sudah terjadi yakni sebagai contoh Perang Dunia pertama dan Perang Dunia kedua. Tetapi peperangan yang akan datang akan lebih luas dan dahsyat. Inilah yang dikhawatirkan terjadi Perang Dunia ketiga.
Kawasan Afrika,Timur Tengah, dan bahkan Asia terus bergejolak dalam peperangan. Banyak orang yang mengandalkan PBB akan menengahinya, namun Alexander Millerand,mantan presiden Prancis pernah mengatakan,"Kita sedang berbaris menuju perang di belakang perdamaian." Pada waktu itu manusia telah menyediakan senjata-senjata untuk perang. Inilah tanda bahwa Tuhan Yesus segera datang kedua kalinya.

2. Tanda-Tanda dari Langit
"Dan akan ada tanda-tanda pada matahari,bulan,dan bintang-bintang,dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubungan dengan segala apa yang menimpabumi ini,sebab kuasa-kuasa langit akan digoncang .... " (Lukas 21:25-27).
Sebagai contoh yang telah terjadi, yakni pada tanggal 19 Mei 1780,tiba-tiba matahari berubahdan keadaan menjadi gelap gulita seperti di malam hari. Ini lah peristiwa terkenal dalam sejarah. Dalam Dictionary Webster dikatakan bahwa "Burung-burung mengicaukan lagu-lagu malam kemudian menghilang dan sepi,burung-burung dan unggas mencari tempat tidur,hewan-hewan pulang ke kandang,dan rumah-rumah lampunya dinyalakan."
Demikian juga pada tanggal 13 Nopember 1833,terjadi peristiwa bintang-bintang berjatuhan dari langit ke bumi (hujan meteorik).Peristiwa inipun pernah terjad di Indonesia (Jakarta).

3.Kemerosotan Moral
"Sebab sebagaiman zaman Nuh,demikian pula kelak pada kedatangan Anak Manusia. Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum,kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera,dan mereka tidak tahu akan sesuatu,sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua,demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia" (Matius 24:37-39. 2 Timotius 3:1-9).
Dalam zaman ini,banyak orang mengeluh mau kemana arah dunia ini? Apa tujuan dunia ini? Dengan gejolak-gejolak yang muncul seperti halnya: Perselingkuhan,seks bebas,kawin-cerai,kejahatan,pembunuhan,kenakalan anak remaja,dan gaya hidup hedonisme.
Apa yang tertulis di 2 Timotius 3:1-9 sudah terbukti. Kita masuk pada masa yang sukar,banyak orang yang garang/emosional,tidak banyak orang yang suka akan hal yang baik. Kejahatan seksualitas mencolok. Dan bahkan ada sumber dari KOMNAS HAM Perlindungan Anak mengatakan "62,7% siswi SMP pernah berhubungan seksual". Puluhan anak laki-laki disodomi dan masih banyak kejahatan yang bersumberkan dari nafsu dilakukan di bumi ini. Dan itu sesuai dengan tanda-tanda Akhir Zaman sudah datang!

4. Malapetaka dan Bencana
"Dan akan terjadi gempabumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyait sampar dan kelaparan,dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat di langit."(Lukas 21:11)
Dan akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat (Matius 24:7b). Di zaman ini kita dihadapkan di berbagai sumber informasi dihadapkan pada Bencana Alam dan malaetaka yang menggemparkan seluruh dunia. Bencana ini tidaklah biasa-biasa saja karena banyak materi dan nyawa manusia akan hilang.
Contoh : Tsunami dimana-mana,gempa bumi dimana-mana,gunung berapi meletus,dan banjir bandang dimana-mana. Tidak hanya bencana alam saja, di dunia medis ditemukan berbagai penyakit baru yang belum diketahui obatnya. Contoh: HIV/AIDS. Itu membuktikan kedatangan Tuhan Yesus semakin dekat.

5. Perkembangan Ilmu Pengetahuan
"Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."(Daniel 12:4)
"Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam."(Wahyu 13:18)
Penemuan hari kehari semakin pesat dan tak ada hentinya. Banyak contohnya dibidang HP dan komputer, sangatlah canggih alat buatan manusia itu. Bahkan ada beberapa ahli mengatakan "Dunia ada di genggaman kita". Debelum ada teknologi semacam ini Tuhan menyampaian pesan nubuatan lewat hamba-hambaNya. Bahwa ada penguasa yang akan memerintah dunia ini dengan kekuasaan yang besar. Oleh karena itu Allah telah menyingkapkan kejadian masa depan supaya umatNya waspada dan sadar akan rencana si jahat. Walaupun sekarang kita melihat segala sesuatu dengan kaca gelap,namun melalui firmanNya kita melihat rencana iblis dengan jelasnya. Adanperkembangan teknologi yang canggih dan maju pesat yang akan dipakai si iblis untuk mengendalikan umat manusia termasuk perdagangan dunia.
15
Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.
16
Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
17
dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.
18
Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.
(Wahyu 13:15-18).



Dalam Wahyu 13:16 di akhir zaman Yohanes melihat semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya, tanda tersebut seperti pagar dan garis-garis seperti pagar (Barcode) untuk proses jual beli. Dalam pengelihatan Tuhan memberitahu tanda tsb adalah tanda antikris yakni 666.
Pada zaman 1900-an masa pemulihan gereja,gereja menyelidiki tanda tersebut berupa tatto, namun pada masa sekarang dan berkembangnya teknologi, maka ditemukan bukan tatto namun berupa chip atau teknologi RFID(Radio Frequency Identification) atau disebut smart label. Teknologi yang cerdas dan dapat "berbicara"(mengirimkan data ke komputer dengan satelit).
Penggunaan ini tidak hanya untuk jual beli namun sensus penduduk nantinya. Pemasangan barcode dengan disuntikan atau dioperasi. Di Hongkong sudah sekitar 120.000 orang memakainya. Mereka yang mempunyai tanda/barcode tersebut di dahi/tangan kanannya mendapatkan fasilitas khusus disana. Di belgia ada tempat lounge yang istimewa yang hanya orang bertanda tersebut (barcode 666) yang bisa masuk. Dan tanda tersebut dalam waktu dekat akan dipromosikan ke seluruh dunia.

SIKAP SEBAGAI UMAT KRISTEN YANG PERCAYA :
Perhatikan apapun disekitar kita sekarang. Angka 666 ada di dalam barcode,kamera CCTV ada dimana-mana. Negara Amerika yang dibangun 233 tahun mengalami kehancuran kurang dari 3 bulan,apalagi tanda-tanda teknologi dan dari alam. Kita sudah masuk di akhir zaman. Mari kita percaya! Dan perhatikanlah kata Yesus. Yesus berkata "Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu."(Matius 23:33). Yang penting tetaplah foku dengan Tuhan Yesus, mintalah keselamatan. Segeralah bertobat! Carilah jiwa-jiwa dan layanilah mereka. Sehingga kedatangan Tuhan Yesus kedua kalinya menjad pengharapan yang sangat membahagiakan!

Sumber : Majalah Sumber Pelayanan Vol IV No. 65 (Maret-Mei 2011)
Penulis makalah : Pdt. Harun Junaedi,S.Th.
Peringkas/Editor: Hendrawan (Writer in this blog)
GJKI Mawar Saron Semarang

~GBU~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar