foto

foto
jpg

Sabtu, 11 Desember 2010

Mewujudkan Nilai Kristiani dalam Hidup Kita

1.Memiliki Tujuan Hidup yang Benar dan Baik
Segala sesuatu memiliki tujuan dalam kebenaran, artib sebuah hidup adalah sebuah pertanyaan yang harus dipertanyakan pada diri sendiri. Masalah tujuan hidup yang fatal bila tujuan hidup tersebut tidak digumulkan kepada Tuhan dan tujuan tersebut tidak dipercakapkan dengan Tuhan. Yang harus dipegang erat oleh orang percaya adalah ketika ia ingin merumuskan tujuan hidupnya harus ditanyajawabkan dengan Tuhan Yesus.
Salah satu cara mempertanyakan Tujuan hidup kepada Tuhan adalah menyadari karunia-karunia(Taenta) yang diberikan Tuhan kepada kita dan mempergunakan talenta itu dengan baik.
Manusia harus berkarya dan mengaktualisasikan semua potensi diri yang mereka miliki,dimanapun mereka berada. Manusia diberi tugas untuk membangun kehidupan menjadi lebih bermakna dalam pemahaman yang baik dan benar. (Ulangan 6:18)
Yang dimaksud Benar yaitu apapun karya manusia harus sesuai kehendak,kebenaran, dan rencana Tuhan. (Yohanes 3:20-21)
Yang dimaksud Baik adalah apapun karya manusia harus menciptakan harmonisasi kehidupan alam semesta,kehidupan lingkungan, dan kehidupan dunia manusia. (Kejadian 1)
Taat asas dan tepat guna menempatkan manusia untuk memuji,memuliakan,dan menikmati hidup dengan Tuhan. Hidup bersama dengan Tuhan erat kaitannya dengan hidup bersama sesama manusia. (1 Yohanes 4:20)

2.Memiliki Kebebasan yang Bertanggung Jawb
Hak yang diberikan Allah kepada manusia adalah kebebasan. Kebebasan memilih,kebebasan mengambil keputusan dan kebebasan menentukan.(Kejadian 2:16-17)
dalam Kejadian 2:16-17 menerangkan bahwa kebebasan manusia telah disalah gunakan sehingga jatuh kedalam dosa.
Manusia betul-betul bebas namun ia harus bertanggung jawab atas segala perbuatannya yang dilakukan dengan bebas sesuai kebenaran dan kehendak Tuhan Yesus.
Manusia menjadi makhluk tidak bebas ketika iamelawan Allah. Dengan perlawanannya manusia dihadapkan dengan dosa dan hukuman atas dosa tersebut. Sebab Daosa adalah Maut.(Roma 6:23).

3.Berfikir Positif
Manfaatnya yaitu kita dapat menjalin hubungan dengan harmonis dengan sesama.
Cara Berfikir Positif:
1.Bersikap Tenang
2.Buang kepahitan masa lalu
3.Cari sisi baik dan memperbaiki sisi yang buruk
-> Dalam sesi ini kita harus bisa mengambil keputusan (Roma 12:2)
4.Memandang kesulitan sebagai tantangan dan peluang
-> Agar kita lebih tegar dan kuat menghadapi tantangan.


~GBU~

1 komentar: